institut pertanian bogor
IPB University

Profile Institut Pertanian Bogor

Institut Pertanian Bogor universitas terbaik Indonesia yang dikenali sebagai IPB University di mana sebelumnya bernama Bogor Agricultural University.

Saat sebelum disahkan pada tahun 1963, Institut Pertanian Bogor merupakan sebuah fakultas pertanian di Universitas Indonesia.

Di tanggal 1 September 1963. Presiden Pertama Indonesia, Ir. Soekarno, lakukan penempatan batu pertama pembangunan universitas sekaligus mengidentifikasi peresmian IPB sebagai sebuah perguruan tinggi mandiri.

Sekarang ini, Rektor Institut Pertanian Bogor untuk masa 2017-2022 ialah Prof. Dr. Arif Satria, S.P, M.Si.

Berdasar hasil keputusan rapat paripurna Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) tanggal 7 November 2017, BAN-PT memutuskan kalau IPB peroleh status terakreditasi dengan rangking A (sangat baik).

Sejarah IPB University

IPB University ialah lembaga pendidikan tinggi pertanian yang bersejarah sebagai bentukan dari lembaga-lembaga pendidikan menengah serta tinggi pertanian dan kedokteran hewan yang sudah di mulai pada awal era ke-20 di Bogor.

Saat sebelum Perang Dunia II, lembaga-lembaga pendidikan menengah itu diketahui bernama:

Middelbare Landbouwschool (ML), Middelbare Bosbouwschool (MB) dan Nederlandsch Indische Veeartsenschool (NIV).

Institut Pertanian Bogor sekarang ini berada di Jalan Raya Dramaga, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Propinsi Jawa Barat.

Lahirnya IPB di tanggal 1 September 1963 sesuai keputusan dari Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) No. 92/1963 yang selanjutnya ditetapkan oleh Presiden RI Pertama dengan Keputusan No. 279/1965.

Pada waktu itu, dua fakultas di Bogor yang ada dalam perlindungan UI berkembang jadi 5 fakultas, yakni Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Perikanan, Fakultas Peternakan dan Fakultas Kehutanan.

Di tahun 1964, lahir Fakultas Teknologi dan Mekanisasi Pertanian yang sekarang jadi Fakultas Teknologi Pertanian.

Di tanggal 26 Desember 2000, pemerintahan Indonesia menetapkan status otonomi IPB berdasar pada PP no. 152.

Sejak itu Institut Pertanian Bogor sebagai perguruan tinggi dengan status Badan Hukum Milik Negara (BHMN).

Tahun 2005 IPB mengaplikasikan mekanisme mayor minor sebagai alternatif metode kurikulum nasional. Metode ini cuman diaplikasikan di IPB.

Tiap mahasiswa IPB bisa saja ambil dua atau bahkan juga lebih mata keahlian (jurusan) yang diminatinya. Pada tengah tahun 2019, IPB dengan cara resmi berubah nama jadi IPB University.

Baca juga : Universitas Airlangga

Baca juga : Universitas Sebelas Maret Surakarta

Daftar fakultas dan sekolah yang ada di IPB University

institut pertanian bogor
IPB Fakultas Ekonomi dan Manajemen

IPB bawa amanat pemanfaatan pengetahuan dibidang ekonomi dan manajemen untuk memberikan dukungan majunya pertanian dan ekonomi Indonesia.

Maka dari itu pada 20 April 2001, FEM IPB secara sah dibangun dengan 2 program study: Pengetahuan Ekonomi dan Manajemen.

Seiring dengan perkembangannya, sekarang Agribisnis, Ekonomi Sumber Daya dan Lingkungan, serta Ekonomi Syariah juga bernaung di bawahnya.

IPB Fakultas Peternakan

Sama seperti yang di lansir oleh halaman Quipper Campus jika fakultas Peternakan IPB terus bereksperimen dalam hal pemenuhan kecukupan pangan.

Misalnya, pengembangan keju fresh yang memakai abomasum domba lokal sebagai bahan baku rennet yang terbatas di Indonesia.

tentu saja pengembangan ini menjadi salah satunya jalan keluar supaya masyarakat Indonesia dapat memperoleh keju fresh dengan bahan lokal, murah, dan pastinya memberi nilai lebih untuk peternak.

IPB Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan

Pada awal dibangun, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB hanya bernama Fakultas Perikanan. Perintisan untuk membangun fakultas ini telah diawali semenjak tahun 1953.

Sekarang, FPIK IPB telah banyak hasilkan pengembangan yang berguna untuk masyarakat. Beberapa pengembangan terbaru, diantaranya alat sortir dan penghitung ikan hidup, candid kamera untuk ikan koi, dan tabir surya dari mangrove.

IPB Fakultas Kehutanan

Pendidikan tinggi kehutanan di Indonesia diawali dari pembangunan Sekolah Tinggi Pertanian di Bogor (Landbouw Hogeschool) yang selanjutnya diganti jadi fakultas di tahun 1940.

Fakultas Kehutanan ini juga masuk jadi fakultas pionir dimana awalnya Institut Pertanian Bogor disahkan atau diresmikan.

Hutan Pendidikan Gunung Walat kelolaan Fakultas Kehutanan IPB sudah dianggap oleh faksi lembaga kehutanan, baik dalam atau luar negeri, sebagai contoh pengelolaan hutan terintegrasi yang sukses.

IPB Fakultas Pertanian

Peranan penting fakultas ini dikatakan langsung oleh Ir. Soekarno lewat pidatonya pada pengesahan Universitas IPB Baranangsiang tahun 1952.

Beliau sampaikan kalau hal stok makanan rakyat merupakan masalah hidup atau mati. Saat awalnya berdiri, fakultas ini bernama Lembaga Pendidikan Tinggi Pertanian.

Selanjutnya di tahun 1963, dengan cara resmi memisahkan diri dari Universitas Indonesia dan berganti nama jadi Fakultas Pertanian (Faperta) IPB.

IPB Fakultas Kedokteran Hewan

Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Institut Pertanian Bogor (IPB) sebagai fakultas kedokteran hewan pertama dan paling tua di Indonesia.

FKH IPB termasuk juga salah satunya dari 5 fakultas pionir di saat IPB baru ditetapkan di tanggal 1 September 1963.

Semenjak berdiri sampai tahun 2000, FKH IPB tempati Universitas Taman Kencana. Selanjutnya di tahun 2001, FKH IPB tempati gedung baru di Universitas Dramaga.

IPB Fakultas Matematika dan IPA

Pada umumnya, gagasan pembangunan sebuah fakultas yang menangani khusus beberapa ilmu dasar kealaman dan matematika baru muncul setelah Prof. Dr. Andi Hakim Nasoetion jadi rektor IPB di tahun 1978.

Walaupun sebelumnya Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) IPB sebagai gabungan beberapa unit di Fakultas Pertanian dan Fakultas Kedokteran Hewan, sekarang fakultas itu sudah sukses meningkatkan sembilan program study di bawah naungannya.

IPB Fakultas Ekologi Manusia

Fakultas Ekologi Manusia (Fema) sebagai fakultas paling muda di IPB. Fakultas ini dikukuhkan sebagai salah satu di Indonesia dan satu dari 3 Fakultas Ekologi Manusia di Asia Tenggara.

Dua Fakultas Ekologi Manusia yang lain ialah College of Human Ecology University of Philippines di Los Banos, Filipina dan Faculty of Human Ecology Universiti Putra Malaysia.

IPB Fakultas Teknologi Pertanian

Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) IPB dibangun pada 3 Oktober 1964 bernama Fakultas Teknologi serta Mekanisasi Pertanian (Fatemeta).

Kemudian di tahun 1981, nama itu diganti jadi Fateta. industri pertanian sebagai salah satu akar pembangunan dan aktivitas ekonomi di Indonesia.

Maka dari itu, Fateta Institut Pertanian Bogor juga terus usaha hasilkan pengembangan di bagian teknologi pertanian.

IPB Sekolah Bisnis

Sekolah Bisnis Institut Pertanian Bogor sebagai hasil elevasi dari Program Pascasarjana Manajemen serta Bisnis IPB (S2) di tahun 2015.

Sekolah Bisnis ini menggelar pendidikan sesuai amanat, yakni: Program Study Sarjana Bisnis (S1), Program Study Magister Bisnis (S2), dan Program Study Doktor Bisnis (S3).

Kehadiran Sekolah Bisnis Institut Pertanian Bogor ini juga diharap jadikan IPB makin representatif sebagai universitas pembuat wirausaha terdidik di Indonesia.

IPB Sekolah Vokasi

Institut Pertanian Bogor mempunyai Sekolah Vokasi yang khusus menyediakan program study pada tingkatan pendidikan Diploma.

Opsi jalur yang disiapkan sangat banyak, yakni 17 program study. Sekolah Vokasi ini tidak cuman sediakan program study di bagian IPA saja, tetapi juga jurusan sosial dan ekonomi.