telkom university
Tel-U

Profile Telkom University / Universitas Telkom

Universitas Telkom, atau Telkom University yang dipersingkat Tel-U, ialah sebuah perguruan tinggi swasta di Indonesia.

Universitas terbaik Indonesia khusus Tel-U berada di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, persisnya di Jalan Telekomunikasi – Terusan Buahbatu, di teritori Bandung Technoplex (BT-Plex).

Sedangkan kampus yang lainnya berada di daerah Gegerkaling Hilir, tepat disebelah Utara Kota Bandung, Kompleks Perkantoran PT. Telkom (Telkom Innovation and Development Center serta Telkom Corporate University/Telkom Training Center).

Sejarah Tel-U

Tel-U berdiri di tanggal 14 Agustus 2013 berdasar Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud Nomor 309/E/0/2013.

Universitas Telkom ialah Perguruan Tinggi Swasta yang diadakan oleh Yayasan Pendidikan Telkom, sebagai penyatuan dari 4 Perguruan Tinggi Swasta, yakni:

  • Institut Teknologi Telkom (IT Telkom)
  • Institut Management Telkom (IM Telkom)
  • Politeknik Telkom
  • Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Design Indonesia Telkom (STISI Telkom).

Institut Teknologi Telkom awalnya ialah Sekolah Tinggi Teknologi Telkom (STT Telkom).

Institut Management Telkom awalnya ialah Sekolah Tinggi Management dan Bisnis Telkom (STMB Telkom).

STT Telkom dan STMB Telkom dibangun di tahun 1990 atas prakarsa PT. Telkom yang waktu itu dipegang oleh Direktur Inti Ir. Cacuk Sudarijanto.

Ke-2 sekolah tinggi itu adalah perguruan tinggi pertama di Indonesia yang mempunyai kekhususan pendidikan dalam sektor industri pertelekomunikasian dan teknologi informasi.

Universitas Telkom University berada di teritori Bandung Technoplex. Universitas itu sebagai peningkatan universitas STT Telkom yang disahkan oleh Presiden Republik Indonesia Soeharto di tahun 24 Maret 1994.

Pada masa lampau, teritori itu sebagai lokasi peletakan stasiun pemancar radio paling tua ke-2 di Indonesia milik Pemerintahan Penjajahan Belanda.

Selanjutnya turut mengumandangkan informasi Proklamasi Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 1945 ke berbagai seluruh dunia.

Nilai sejarah dan beberapa karya Tridharma yang sudah dibuat oleh kampus-kampus sebelumnya akan memberikan inspirasi Telkom University untuk berkembang terus jadi universitas berkebangsaan dan sekalian universitas dunia (World Class University).

Yang bakal selalu menciptakan masa depan (Creating the Future) lewat peningkatan cross-culture academic atmosphere dan global academia.

Nick name (panggilan) Tel-U dan moto Creating the Future sebagai ide yang diberi oleh Dr. Ir. Arief Yahya, M.Sc., Direktur Utama/CEO PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk di saat Telkom University dibangun sebagai penyatuan IT Telkom, IM Telkom, Politeknik Telkom, dan STISI Telkom.

Menghasilkan Beberapa Karya Tridharma

Saat sebelum tergabung jadi Telkom University, ke-4 universitas masing-masing Institut Tehnologi Telkom, Institut Management Telkom, Politeknik Telkom, dan Sekolah Tinggi Seni dan Design Indonesia Telkom sudah hasilkan beberapa karya Tridharma Perguruan Tinggi yang berperan besar dalam bingkai sejarah Pendidikan Tinggi di Indonesia.

Dengan penyatuan menjadi satu perguruan tinggi Telkom University, karena itu semua kemampuan yang dipunyai oleh ke-4 universitas bisa menjadi satu kolaborasi.

Kemampuan yang bisa hasilkan beberapa karya Tridharma semakin besar untuk kenaikan daya saing bangsa dalam hadapi globalisasi lewat penyelenggaraan dan peningkatan pendidikan, penelitian dan dedikasi masyarakat.

Pada beragam rumpun keilmuan dengan penguatan kekhasan pada sektor teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Lewat penyatuan itu, Telkom University semakin tingkatkan peranan strategisnya dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi yang sanggup meningkatkan ilmu dan pengetahuan, teknologi, dan seni.

Serta hasilkan intelektual, ilmuwan, dan/atau professional yang berbudaya dan kreatif, toleran, berkarakter kuat, dan berani menegakkan kebenaran untuk kepentingan nasional.

Untuk capai misi dan jalankan tugasnya, Telkom University harus menjalankan amanah dengan menggenggam teguh nilai-nilai pokok yang diyakininya dalam penyelenggaraan Tridharma secara bertanggung-jawab, berdikari, memiliki integritas tinggi.

Dan menggenggam beberapa prinsip Tatakelola Universitas Yang Baik (Good University Governance), dengan memerhatikan faktor perkembangan, keselarasan, pemerataan dan keterjangkauan, hingga pada masyarakat luas berkembang rasa memiliki yang tinggi pada Universitas Telkom.

Hari Sabtu 31 Agustus 2013 jadi peristiwa bersejarah untuk sivitas akademika Telkom University.

Pada hari itu di Tel-U Convention Hall, berjalan acara besar grand launching pengesahan Telkom University oleh Menteri Pendidikan Kebudayaan Republik Indonesia, Prof. Dr. Ir. Muhammad Nuh, DEA.

Dengan mendatangkan rektor pertama Telkom University, yakni Prof. Ir. Mochamad Ashari, M.Eng., Ph.D., sebagai Guru Besar Teknik Elektro ITS.

Baca juga : Institut Teknologi Bandung

Baca juga : Universitas Lampung

Daftar fakultas yang ada di Tel-U

telkom university
Tel-U
Tel-U Fakultas Industri Kreatif

Di era digital seperti sekarang tentu kreativitas seseorang sangatlah diperlukan agar kita tidak tertinggal. Dan salah satu bidang yang mengandalkan kreativitas dan sangat eksis saat ini adalah industri kreatif.

Untuk itu, Telkom University turut berpartisipasi dengan menghadirkan Fakultas Industri Kreatif yang berfokus pada bidang seni rupa dan desain di sektor industri kreatif.

Fakultas Industri Kreatif ini menyediakan 5 pilihan program studi untuk S1 yang mana semua program tersebut telah mendapat akreditasi A dari BAN-PT.

Tel-U Fakultas Komunikasi dan Bisnis

Fakultas Komunikasi dan Bisnis Telkom University menyediakan tiga program studi jenjang pendidikan sarjana yaitu Program Studi Ilmu Komunikasi, Administrasi Bisnis, dan Digital Public Relations.

Untuk mendukung keberhasilan pencapaian belajar mahasiswa, FKB menyediakan 12 laboratorium dengan fasilitas lengkap.

Tel-U Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) merupakan salah satu bentuk sumbangsih Telkom University untuk menghasilkan SDM unggul yang mampu menjawab segenap tantangan yang muncul dari perkembangan teknologi digital dengan merumuskan konsep education 4.0.

Seluruh program yang ada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Telkom University telah meraih akreditasi A dari BAN-PT juga akreditasi internasional dari ASIC dan ABEST 21.

Tel-U Fakultas Informatika

Fakultas Informatika merupakan salah satu fakultas unggulan yang fokus pada bidang IT. Seluruh program studi yang ada di Fakultas Informatika telah terakreditasi nasional dan internasional dari Indonesia Accreditation Board for Engineering Education.

Tel-U Fakultas Teknik Elektro

Fakultas Teknik Elektro, merupakan fakultas terbesar di Telkom University jika dilihat dari jumlah prodi, sumber daya manusia, infrastruktur, maupun dari kerja sama yang telah dijalin.

Dengan berbekal hal tersebut, FTE Telkom University memiliki komitmen untuk terus mengembangkan penelitian, pendidikan, dan entrepreneurship dalam bidang teknik elektro dan teknik fisika dengan berbasiskan teknologi informasi, sehingga fakultas ini dapat menjadi fakultas berstandar internasional.

Tel-U Fakultas Rekayasa Industri

Fakultas Rekayasa Industri (FRI) merupakan salah satu Fakultas pertama yang terbentuk di Telkom University.

Terdapat lima program studi yang telah terakreditasi nasional, beberapa di antaranya telah terakreditasi Unggul dan A.

Selain itu, terdapat pula program studi yang telah terakreditasi internasional dari IABEE yakni Teknik Logistik, Teknik Industri, dan Sistem Informasi.

Tel-U Fakultas Ilmu Terapan

Kurikulum yang diterapkan di Fakultas Ilmu Terapan didesain menjadi 60% praktek dan 40% teori.

Selain itu, mahasiswa juga akan dibekali dengan sertifikasi kompetensi baik nasional maupun internasional.

Untuk menunjang kemampuan dan kreativitas berwirausaha mahasiswa, Fakultas Ilmu Terapan juga menyediakan wadah inkubasi melalui program ESSTaV-FIT (Ekosistem Sinkronisasi Startup di Vokasi – Fakultas Ilmu Terapan).