universitas andalas
Universitas Andalas UNAND

Profile Universitas Andalas

Universitas Andalas yang disingkat dengan Unand adalah perguruan tinggi negeri Indonesia yang terletak di Kota Padang, Sumatra Barat, Indonesia.

Universitas terbaik Indonesia ini merupakan universitas tertua di luar Pulau Jawa yang dibuka secara resmi pada tanggal 23 Desember 1955 oleh Wakil Presiden Mohammad Hatta.

Pada saat itu, Unand adalah universitas keempat yang diresmikan oleh Pemerintah Indonesia.

Universitas Andalas terdiri dari lima belas fakultas dengan kampus utama di Limau Manis, Padang; terdapat pula kampus-kampus lain di Padang, Payakumbuh, dan Dharmasraya.

Berdasarkan Evaluasi dan Klasterisasi Perguruan Tinggi Berbasis Kinerja Penelitian yang diluncurkan oleh Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional pada November 2019, Universitas Andalas menempati peringkat keempat dari peguruan tinggi se-Indonesia.

Sejak 2016, kampus ini telah termasuk dalam perguruan tinggi negeri klaster 1 dari Kemenristekdikti.

Pada tahun 2021, Unand resmi ditetapkan sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) ke-13 melalui Peraturan Pemerintah Nomor 95 Tahun 2021.

Sejarah UNAND

Saat terjadinya gempa bumi tanggal 30 September 2009, identifikasi kerusakan yang terjadi di lingkungan kampus Unand memperlihatkan bahwa hampir semua gedung mengalami kerusakan bervariasi.

Kerusakan paling berat terjadi di Fakultas Teknik Universitas Andalas.

Sebagai respons cepat atas gempa tersebut, maka dibentuk Tim Emergency Response and Recovery untuk membantu masyarakat yang terkena musibah gempa yang diketuai oleh Alfan Miko.

Dibentuk pula 2 posko gempa, yaitu di Kampus Limau Manis untuk koordinasi dan penghimpunan mahasiswa untuk jadi relawan dan Posko Kampus Unand di Jalan Perintis Kemerdekaan untuk relawan dan penghimpunan berbagai sumbangan.

Baca juga : Universitas Hasanuddin

Baca juga : Universitas Sriwijaya

Daftar fakultas yang ada di UNAND

universitas andalas
UNAND
UNAND Fakultas Kedokteran Gigi

Pendirian FKG Unand di tahun 2012 tak terlepas dari supervisi FKG Universitas Padjadjaran.

Bentuk support itu tercantum pada MoU dengan FKG Universitas Padjajaran dalam rencana mitra kerja penyelenggaraan pendidikan.

Sekarang ini fakultas ini sudah mempunyai rumah sakit mulut dan gigi sendiri. Sarana ini dipakai sebagai tempat praktek mahasiswa yang layani pegawai dan pasien umum.

UNAND Fakultas Pertanian

Fakultas Pertanian Universitas Andalas (Unand) ialah fakultas pertanian paling tua di luar pulau Jawa.

Pada 30 November 1954 Wakil Presiden Republik Indonesia yang pertama, Bapak Drs. Mohammad Hatta, resmikan berdirinya Perguruan Tinggi Pertanian di Payakumbuh.

Selang 2 tahun kemudian, persisnya 13 September 1956, Perguruan Tinggi Pertanian didaulat jadi Fakultas Pertanian Universitas Andalas.

UNAND Fakultas Farmasi

Fakultas Farmasi Universitas Andalas disahkan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia pada 7 September 1955 di Bukittinggi.

Pada proses pengembangannya, sudah diatur Gagasan Induk Peningkatan Fakultas Farmasi Universitas Andalas 2015-2028.

Didalamnya berisi keutamaan pemikiran kenaikan kapabilitas sumber daya manusia farmasi, pembaruan sistem management dan operasional yang bertujuan pada perubahan IPTEKS.

UNAND Fakultas Teknologi Pertanian

Fakultas ini awalannya sebagai program study di Fakultas Pertanian Universitas Andalas yang selanjutnya disahkan jadi fakultas di tanggal 15 Mei 2008.

Walau terhitung baru, Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas sudah memperlihatkan keberadaannya sampai rasio internasional.

Pada 17 sampai 24 November 2019 Jalur Teknik Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas Indonesia ikuti aktivitas sains dan teknologi dengan topik “Biosystem Engineering Contributing to SDGs” yang diselenggarakan oleh JST Sakura Science Plan.

UNAND Fakultas Hukum

Fakultas Hukum Universitas Andalas melangsungkan kelas kerja-sama dengan Tubuh Diklat Kejaksaan Agung RI lewat Program Magister S2 Kelas Kerja Sama.

Kelas ini direncanakan khusus agar semakin meningkatkan kemampuan dan wawasan peserta didik lewat perpaduan deduksi teori pengetahuan hukum dengan induksi beberapa kasus dan masalah hukum yang terjadi dalam masyarakat.

UNAND Fakultas Keperawatan

Fakultas Keperawatan sediakan pendidikan tinggi untuk hasilkan tenaga keperawatan sesuai keperluan nasional dan jadi pusat pendidikan keperawatan pada bagian barat Indonesia.

Salah satunya cara merealisasikannya, fakultas ini baru saja melangsungkan “The 1st Andalas International Nursing Konferensi (AINiC) 2017”.

Pertemuan skala Internasional ini dituruti oleh 82 peneliti yang datang dari 4 negara (Australia, Malaysia, Thailand, dan Indonesia).

UNAND Fakultas Ekonomi

Fakultas Ekonomi Universitas Andalas (Unand) ini telah berumur 64 tahun.

Pertama kali keputusannya tidak terlepas dari peran Bung Hatta, Wakil Presiden pertama RI, dan Prof. Dr. Sumitro Djojohadikusumo yang saat itu memegang kedudukan sebagai Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI).

Sekarang, FE Unand sudah berkembang cepat. Fakultas ini buka kelas Internasional.

UNAND Fakultas Peternakan

Pendirian Fakultas Peternakan (Faterna) Universitas Andalas didasari oleh perubahan pengetahuan pertanian yang diperlukan dalam pembangunan Indonesia.

Faterna Unand lakukan hubungan kerja sama di dalam proses pengajarannya, bukan hanya bekerjasama dengan lembaga nasional saja tapi juga lembaga internasional, satu diantaranya dengan lakukan Global Field Studi di University of Washington.

UNAND Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Di tanggal 22 September 2017 lalu, FISIP Unand melangsungkan acara yang bertema “Indonesia Digital” bekerja bersama dengan Kementerian Kominfo sebagai usaha dalam tingkatkan pengembangan inovatif mahasiswanya dalam menyaksikan pasar digital.

Tidak cuman peningkatan kreasi mahasiswanya, FISIP Unand membuat kenaikan kemampuan pengendalian informasi berbasiskan digital lewat web dan kualitas kabar berita di lingkungan FISIP melalui acara pengaturan web FISIP yang diselenggarakan di tahun 2021.

UNAND Fakultas Teknik

Fakultas yang telah berumur 36 tahun ini sudah menunjukkan keberadaannya sebagai salah satunya fakultas terbaik di Universitas Andalas, bisa dibuktikan dengan legalisasinya yang mendapatkan rangking A.

Program penelitian, kerja sama, dan peningkatan dilaksanakan dengan beragam lembaga dan instansi baik tingkat nasional atau internasional buat memberikan dukungan perkembangan inovasi, proses belajar dan peningkatan untuk beberapa mahasiswanya.

UNAND Fakultas Kedokteran

FK Unand mempunyai pengajar yang mayoritas sudah berkualifikasi guru besar dan doktor.

FK Unand dipercayai pada proses pendidikan dokter specialist untuk dokter-dokter RSUD Prof. Dr. H.M. Chatib Quzwain, Kabupaten Sorolangun Propinsi Jambi.

Disamping itu, fakultas ini mempunyai rumah sakit yang disokong oleh peralatan lengkap dan keunggulan dalam sektor kemoterapi dan penyembuhan kanker.

UNAND Fakultas Kesehatan Masyarakat

FKM Universitas Andalas sudah berdiri sepanjang 21 tahun. Seperti remaja, saat ini fakultas ini sedang dalam periode perubahan.

Salah satunya wujud usaha peningkatan yang sudah dilakukan ialah jadi tuan-rumah pertemuan internasional, Andalas International Public Health Konferensi (AIPHC) 2017 yang bertepatan dengan penerapan Permufakatan Nasional Kelima Perhimpunan Sarjana Kesehatan Warga Indonesia (Persakmi) di awal September kemarin.

UNAND Fakultas Ilmu Budaya

FIB Unand ada kelas Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) yang memberikan fasilitas mahasiswa dari beberapa negara, seperti Jepang, Korea, Belanda, dan beragam negara yang lain yang bergabung dalam Program Beasiswa Darmasiswa dari Pemerintahan Indonesia.

UNAND Fakultas Teknologi Informasi

Memenuhi tuntutan jaman yang terkuasai oleh teknologi digital, Universitas Andalas buka Fakultas Teknologi Informasi di tahun 2009.

Fakultas ini menjalin kerja sama dengan PT Kolaborasi Informatika Semen Indonesia (SISI) terkait dengan FORCA ERP Learning and Development Center.

Diharap kerja sama ini bisa buka peluang untuk mahasiswa FTI Universitas Andalas untuk lakukan magang di PT SISI.

UNAND Pascasarjana

Program ini ialah program study dengan kelompok dari beragam disiplin pengetahuan atau sektor ketrampilan yang keduanya sama-sama berkaitan dan membutuhkan.

Sekarang ini Program Pascasarjana dan Doktoral Universitas Andalas ambil ide untuk meningkatkan pendidikan multidisiplin magister dan doktoral untuk yang membutuhkan kenaikan keahlian dan kemampuan baru pada sektor tertentu.

UNAND Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Berdasar laporan Quipper Campus, Universitas Andalas mempunyai kebun raya.

Di mana kebun raya ini diatur oleh team FMIPA Universitas Andalas.

Dalam melakukan proses pengajaran dan riset, fakultas ini lakukan kerja sama dengan universitas dari luar serta dalam negeri, seperti The University of Western Australia, Universiti Putra Malaysia, Gifu University, Kyoto University, dan Universite de Rennes.