universitas brawijaya
UB

Profile Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya (UB) ialah perguruan tinggi di Indonesia yang dibangun sejak tahun 1963 di Kota Malang, Jawa Timur.

UB universitas terbaik Indonesia di sahkan sebagai Dies Natalies oleh Menteri Pendidikan dan Ilmu pengetahuan dengan no.1 tanggl 5 Januari 1963.

Nama Brawijaya diberikan secara langsung oleh Presiden Soekarno dengan keinginan dapat gemilang seperti Raden Wijaya (Brawijaya I).

Sebagai pendiri Kerajaan Majapahit sekalian menjadi universitas kebanggan bangsa Indonesia.

Universitas Brawijaya sebagai universitas elit di Indonesia dan secara stabil menempati posisi 5 terbaik bersama dengan UI, IPB, UGM, ITB menurut penilaian resmi Kemenristekdikti.

Dan pada tingkat Internasional, UB menempati posisi 51 di Asia serta 400 dunia. UB adalah sebagian kecil dari salah satu universitas Indonesia yang terindeks dengan cara Internasional oleh QS.

Sejarah UB

Bermula dari Balai Kota Malang, ide untuk pembangunan perguruan tinggi itu diluncurkan.

Pada tanggal 10 Mei 1957, atas gagasan dari Ketua DPRD melakukan pertemuan beberapa tokoh masyarakat serta pemerintah kota Malang. Untuk membicarakan ide pembangunan sebuah Universitas milik Kotapraja (Gemeentelijke Universiteit).

Universitas ini sebelumnya dengan status swasta, dengan embrio semenjak tahun 1957, yakni berupa Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi sebagai cabang Universitas Swasta Sawerigading, Makasar.

Sebagai langkah pertama, dibangun sebuah yayasan yang memiliki nama YPTM (Yayasan Perguruan Tinggi Malang) dengan akte notaris nomor 48 tahun tertanggal 28 Mei 1957.

Yayasan ini selanjutnya membuka Perguruan Tinggi Hukum dan Pengetahuan Masyarakat (PTHPM), pada 1 Juli 1957.

Terdaftar sekitar 104 mahasiswa perguruan tinggi ini, serta gunakan ruangan sidang Balaikota Malang sebagai tempat perkuliahannya.

Saat itu, atas ide beberapa figur masyarakat lainnya dibentuk juga Yayasan Perguruan Tinggi Ekonomi Malang (YPTEM) dengan akte notaris nomor 26 tertanggal 15 Agustus 1957 yang selanjutnya dirikan Perguruan Tinggi Ekonomi Malang (PTEM).

Tidak berbeda jauh dengan pendahulunya, kegiatan perkuliahan PTEM menumpan di Balai Kota Malang.

Dengan resmi PTHPM dianggap sebagai milik Kotaparaja Malang dengan putusan DPRD,19 Juni 1958.

Pada dies natalis ke-3 PTHPM, 1 Juli 1960, dipublikasikan pemakaian nama Universitas Kotapraja Malang untuk perguruan tinggi itu.

Disamping itu dipublikasikan juga gagasan membuka dua fakultas baru. Gagasan itu jadi kenyataan, 15 September 1960, berdiri Fakultas Administrasi Niaga (FAN). Kemudian diikuti oleh Fakultas Pertanian (FP) pada 10 November 1960.

Baca juga : IPB University

Baca juga : Universitas Airlangga

Daftar fakultas yang ada di UB

universitas brawijaya
Universitas Brawijaya Malang
UB Fakultas Kedokteran Gigi

Sebelumnya Fakultas Kedokteran Gigi merupakan salah satu program study dari Fakultas Kedokteran. Prodi ini dibangun pada 11 Juli 2008.

Fakultas ini dibuat untuk memenuhi keperluan Dokter Gigi baik yang dapat memberi layanan professional untuk menjaga kesehatan gigi warga.

Untuk memberikan dukungan pendidikan beberapa mahasiswa Kedokteran Gigi dan memberikan layanan kesehatan gigi, Universitas Brawijaya sediakan Rumah Sakit Gigi serta Mulut.

UB Fakultas Pertanian

Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya mempunyai semboyan “The World’s Healthy Food Producer” yang menargetkan diri jadi lembaga pendidikan tinggi pertanian yang unggul.

Dengan standar Internasional dan sanggup berperan aktif dalam peningkatan IPTEK dan pengelolaan SDA yang berlanjut dan peningkatan agribisnis yang unggul di tahun 2025.

Fakultas ini sudah 2x terima penghargaan UBAQA (University of Brawijaya Annual Quality Award) di tahun 2010 (6 besar) serta 2012 (posisi- II) sebagai fakultas dengan kemampuan terbaik.

UB Fakultas Peternakan

Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya berdiri pada 26 Oktober 1961. Setelah itu di tahun 1962, statusnya dinegerikan dan ada di bawah lindungan Universitas Airlangga.

Baru pada 5 Januari 1963 fakultas ini kembali menjadi Universitas Brawijaya.

Fakultas ini memiliki sarana laboratorium luas selebar 2,3 Ha di Dusun Sumber Sekar, Kecamatan Dau, Kota Batu untuk memberikan dukungan praktikum di bagian budidaya ternak, pengolahan pakan, pengolahan limbah sampai tindakan paska panen.

UB Fakultas Teknologi Pertanian

Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya dibuat pada 26 Januari 1998, dimana 20 tahun sebelumnya adalah bagian dari Fakultas Pertanian.

Ditetapkannya pendirian FTP ini ialah sebagai usaha mempercepat peningkatan sektor pertanian, terutamanya industri pertanian.

Fakultas ini sanggup raih medali emas paling banyak pada PIMNAS XXX yang berlangsung di Makassar dan sekaligus Juara Umum 3x secara beruntun pada kejuaraan PIMNAS.

UB Fakultas Kedokteran Hewan

Fakultas Kedokteran Hewan dibangun untuk menjawab tantangan akan keperluan dokter hewan di Indonesia.

Penyelenggaraan program Kedokteran Hewan UB diawali di tahun ajaran 2008/2009 dan terima mahasiswa dengan jumlah 2x lipat di tahun berikutnya.

Sebagai fasilitas penunjang pendidikan, karena itu dibangun sebuah klinik hewan di tahun 2009.

Seiring berkembangnya kebutuhan layanan klinik untuk veteriner, UB juga saat ini sudah membuat Rumah Sakit Hewan Pendidikan (RSHP) pertama di kota Malang.

RSHP sudah disahkan oleh Gubernur Jawa Timur, Soekarwo pada Juni 2016.

UB Fakultas Teknik

Fakultas Teknik Universitas Brawijaya dibangun di tahun 1963 untuk penuhi tuntutan keperluan pembangunan dan menyamakan proporsi fakultas eksakta dan non-eksakta.

Fakultas ini pertama kalinya dibuat dengan 2 jalur, yakni: Teknik Sipil dan Teknik Mesin. Tahun 2017, fakultas ini berkembang jadi delapan jalur.

Di tahun 2015, fakultas ini raih Penghargaan Energi 2015 yang diberi oleh Kementerian ESDM atas prakarsa FT UB sebagai perintis dalam peningkatan teknologi bidang ESDM secara berkesinambungan.

UB Fakultas Ilmu Budaya

Fakultas Ilmu Budaya sebagai salah satunya fakultas muda di Universitas Brawijaya. Fakultas ini baru berdiri di tahun 2009.

Pendirian fakultas ini adalah jawaban kepada tuntutan untuk menyeimbangi peningkatan ilmu budaya, bahasa dan sastra dalam pembangunan warga Indonesia.

Walau termasuk fakultas muda, FIB UB sudah banyak menjalin kerja-sama dengan universitas luar negeri untuk meningkatkan riset, peningkatan akademis sampai pertukaran mahasiswa.

UB Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya masih termasuk muda.

Berdiri di tahun 2004 untuk menjawab tantangan keperluan ahli sosial dan komunikasi yang professional buat memecahkan problem-problem sosial serta ketimpangan info pada masyarakat.

Walau masih terhitung muda, FISIP UB berkembang secara progresif dari tahun ke tahun, pencapaian salah satunya ialah ada persetujuan kerja-sama Double Degree di antara FISIP UB dengan Deakin University, Australia.

UB Fakultas Hukum

Menurut Qipper Campus fakultas Hukum Universitas Brawijaya terlebih dahulu berdiri dibanding Universitas Brawijaya.

Awalnya Fakultas ini menggunakan nama Perguruan Tinggi Hukum dan Pengetahuan Masyarakat (PTHPM) yang dibangun oleh Yayasan Perguruan Tinggi Malang pada Juli 1957.

Pada ulang tahunnya yang ketiga (1960), PTHPM selanjutnya diambil alih oleh Kotapraja Malang dan dijadikan dari bagian Universitas Kotapraja Malang.

Universitas Kotapraja Malang inilah yang berganti nama menjadi Universitas Brawijaya di tahun 1961 seperti yang kita kenal saat ini.

UB Fakultas Kedokteran

Sekolah Tinggi Kedokteran Malang (STKM) yang dibangun di tanggal 14 September 1963 ialah cikal bakal dari Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya.

STKM beralih menjadi FK UB di tanggal 1 januari 1976. Fakultas ini memiliki Rumah Sakit Pendidikan Universitas Brawijaya.

Rumah sakit ini mulai beroperasi semenjak akhir 2015. Selainnya untuk memberikan pelayanan kesehatan pada warga, rumah sakit ini diharap sanggup tingkatkan penelitian kedokteran di kalangan mahasiswa FK UB.

UB Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya sebelumnya bernama Perguruan Tinggi Jurusan Perikanan Laut yang dibangun pada 28 Oktober 1962 oleh Yayasan Pendidikan Probolinggo.

Tahun 1963, jurusan ini sudah jadi bagian dari Universitas Brawijaya, walau lokasi masih tetap ada di Probolinggo. Tahun 1972, fakultas ini dipindah ke Malang.

Untuk memberikan dukungan peningkatan penelitian, fakultas ini sediakan laboratorium dan Unit Pelayanan Teknis (UPT) dalam atau di luar universitas.

UPT ini menyebar di wilayah Sumber Pasir, Ngijo, laut Sendangbiru sampai Probolinggo.

UB Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Menurut Quipper Campus, fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya ini dulunya memiliki nama Perguruan Tinggi Ekonomi Malang (PTEM).

PTEM ini dibangun oleh Yayasan Perguruan Tinggi Ekonomi Malang pada 27 Juni 1957.

Pada periode itu, PTEM dibangun dengan tujuan untuk lebih memajukan dan meningkatkan pengetahuan ekonomi, dan membuat pakar-ahli ekonomi yang berkualitas dan bertanggungjawab.

Karena praktek belajar mengajar yang dianggap benar-benar interaktif, fakultas ini raih penghargaan Good Practice Award: The Multiparadigm Approach di tahun 2017.

Maka janganlah ragu untuk belajar ekonomi di fakultas ini.

UB Fakultas Ilmu Administrasi

Riwayat berdirinya Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya dimulai dengan dibukanya Fakultas Administrasi Niaga (FAN) yang dibangun di tanggal 15 September 1960 yang disebut embrio dari Fakultas Ilmu Administrasi.

Fakultas ini sebagai salah satunya dari 4 fakultas pertama kali yang dimiliki oleh Universitas Brawijaya.

Dalam soal prestasi, fakultas ini ikut menyumbang mendali perak buat Universitas Brawijaya dalam Kejuaraan Umum PIMNAS XXIX.

UB Fakultas Ilmu Komputer

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya dimulai pada 27 Oktober 2011 dan sebagai paduan dari 2 program study (Teknik Perangkat Lunak dari Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer dari Fakultas MIPA) yang telah ada.

Untuk menguatkan kualitas fakultas di bagian IT, FILKOM UB juga menggandeng IBM untuk melangsungkan program sertifikasi IBM DB2 Academic Initiative yang disebut sertifikat bertingkat Internasional di bagian Database Manajemen Sistem ke beberapa peserta didiknya.

UB Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Brawijaya dibangun pada 1987 untuk memberikan dukungan dan memenuhi kemajuan riset di bagian eksakta.

Bersamaan perubahan zaman, karena itu lahirlah program study yang lain seperti Statistika dan yang terkini ialah Teknik Geofisika serta Instrumentasi. Fakultas ini diketahui benar-benar aktif di bagian riset.

Beberapa riset dosen sudah memperoleh Hak Paten dan diperkembangkan secara massal, satu diantaranya ialah kompor Biomassa UB 03 ciptaan Prof. Dr. Muhammad Nurhuda yang sekarang ini pemasarannya sampai ke Norwegia.