universitas hasanuddin
UNHAS

Profile Universitas Hasanuddin

Universitas Hasanuddin, dengan singkatan UNHAS, sebuah perguruan tinggi negeri di kota Makassar, Propinsi Sulawesi Selatan, Indonesia, yang berdiri pada 10 September 1956.

Perguruan tinggi ini sebelumnya sebagai peningkatan dari Fakultas Ekonomi Universitas Terbaik Indonesia saat Bung Hatta masih jadi Wakil Presiden. Unhas sebelumnya dibuat di Baraya atau Universitas Barayya.

Tetapi, awalnya tahun 1980-an, saat Rektor dijabat Prof. Dr. Ahmad Amiruddin, Unhas dipindah ke Tamalanrea, karena Universitas Barayya pada waktu itu kerap jadi langganan banjir saat musim hujan datang.

Waktu itu universitas Barayya ada di dekat kanal, hingga mahasiswa dan dosen untuk masuk ke ruang universitas, mereka harus memakai perahu.

Sekarang Universitas Unhas tempati area selebar 220 hektar di Tamalanrea dengan beragam fasilitas.

Semenjak tahun akhir 2006, Fakultas di Universitas hasanuddin semakin bertambah 1 yang disebut pemekaran dari Fakultas Pertanian dan Kehutanan yakni Fakultas Kehutanan.

Sekarang ini sudah diperkembangkan universitas baru Unhas yang diutamakan untuk Fakultas Teknik, yang berada di bekas pabrik kertas Gowa di Kabupaten Gowa. Universitas baru ini mulai dipakai semenjak tahun 2006 meskipun masih juga dalam tahapan perbaikan dan pembangunan gedung dan pengadaan fasilitas.

Di tahun ini, Universitas Hasanuddin masuk rintangan sekaligus keinginan yang baru, pasalnya Unhas mulai jalankan penuh statusnya sebagai Perguruan Tinggi Negeri Memiliki badan Hukum (PTNBH) yang awalnya semenjak tahun kemarin Unhas sudah mengetes coba mekanisme itu yang telah diamanatkan pemerintahan bersama belasan PTN yang lain.

Sejarah UNHAS

Sebagai aktualisasi dari peningkatan Pola Ilmiah Pokok (PIP) sebagai referensi tujuan instansi pendidikan tinggi di Indonesia.

Karena itu di tahun 1988 UNHAS dengan cara resmi buka program Study Ilmu Kelautan pada tanggal 16 Juni 1988, dengan SK Dirjen Dikti No.19/Dikti/Kep/1988.

Sebelumnya karena tidak ada tempat yang pas program itu dengan status lintas fakultas dan langsung dibawahi rektor.

Ingat sifatnya yang berorientasi kelautan, program ini pada akhirannya dibuat jadi Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan dengan menyatukan jalur Perikanan ke dalamnya berdasar SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.036/0/1996, tanggal 29 Januari 1996.

Pada Dies Natalis yang ke – 25, 17 September 1981 Presiden RI Soeharto resmikan Universitas Tamalanrea yang sebelumnya direncanakan oleh Paddock Inc., Massachusetts, AS dan dibuat oleh OD 205, Belanda yang bekerja bersama dengan PT. Sangkuriang Bandung di atas tanah selebar 220 Ha.

Baca juga : Universitas Sriwijaya

Baca juga : Universitas Gadjah Mada

Daftar fakultas dan sekolah yang ada di UNHAS

UNHAS
UNHAS Fakultas Hukum

Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin sebagai cikal bakal dari Universitas Hasanuddin bersama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta Fakultas Kedokteran.

Awalannya, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Kedokteran sebagai cabang dari Fakultas Hukum dan Pengetahuan Warga, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Ke-3 fakultas ini yang selanjutnya menjadi cikal-bakal lahirnya Universitas Hasanuddin pada 9 September 1956.

UNHAS Fakultas Ilmu Budaya

Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin dibuka pada 11 Desember 1960 bernama Fakultas Sastra dan Filosofi. Fakultas Ilmu Budaya menjalin kerja-sama, baik dalam atau luar negeri.

Untuk menyiapkan tenaga guru bahasa wilayah (Bugis, Makassar, dan Toraja), Fakultas Ilmu Budaya buka Program Sarjana Guru Bahasa Wilayah (PSGBD) yang bekerja bersama dengan Pemerintahan Propinsi Sulawesi Selatan.

UNHAS Fakultas Kedokteran Gigi

Awalannya, Fakultas Kedokteran Gigi berupa Institut Kedokteran Gigi Yos Sudarso. Lembaga ini tercipta atas kerja-sama di antara TNI AL dan Universitas Hasanuddin.

Menurut SK Rektor Universitas Hasanuddin dan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Institut Kedokteran Gigi Yos Sudarso disatukan menjadi Departemen Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran.

Departemen Kedokteran Gigi beralih menjadi jurusan Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran. Selanjutnya, pada 1983, jurusan Kedokteran Gigi dimekarkan jadi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin.

UNHAS Fakultas Teknik

Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin meningkatkan jaringan kerja-sama nasional dan internasional. Fakultas ini sebagai fakultas ke-4 yang berada di Universitas Hasanuddin.

FT Universitas Hasanuddin berdiri sejak mulai 1960 yang awalannya terdiri dari tiga jurusan, yaitu Teknik Sipil, Teknik Mesin, dan Teknik Perkapalan.

Peningkatan fakultas lewat pembukaan jurusan baru masih tetap berjalan sampai 1963 saat tercipta jurusan Teknik Arsitektur dan Teknik Elektro, lalu pada 1982 berdiri jurusan Teknik Geologi.

UNHAS Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unhas sebelumnya sebagai perguruan tinggi swasta yang namanya Fakultas Tata Praja Universitas 17 Agustus 1945.

Dalam perubahannya, Fakultas Tata Praja diupayakan pemiliknya dileburkan ke Fakultas Ekonomi Unhas. Tetapi, pada akhirannya, fakultas itu berdiri jadi fakultas sendiri di Unhas.

UNHAS Fakultas Kehutanan

Awalnya berdirinya Fakultas Kehutanan diawali saat Fakultas Pertanian buka jurusan baru, yakni Kehutanan, satu tahun sesudah terciptanya Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin.

Selanjutnya, jurusan ini dimekarkan jadi fakultas di Unhas. Jurusan Kehutanan dibuka atas kerja-sama Fakultas Pertanian Unhas dengan Fakultas Pertanian Universitas Indonesia (sekarang ini dikenali dengan Institut Pertanian Bogor).

UNHAS Fakultas Peternakan

Pada 1977, Fakultas Peternakan digabungkan dengan Fakultas Pertanian bernama Fakultas Ilmu-Ilmu Pertanian.

Di tahun 1996, jurusan Perikanan jadi Fakultas Perikanan hingga Fakultas Peternakan cuman sisa tiga jurusan.

Pada 2010, jurusan-jurusan itu dileburkan jadi satu hingga fakultas ini cuman mempunyai satu jurusan, yakni Peternakan.

UNHAS Fakultas Kedokteran

Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin sebagai fakultas kedokteran paling tua di Indonesia timur.

FK sebagai cikal bakal dari Universitas Hasanuddin bersama dengan Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Fakultas ini sebagai fakultas ke-3 yang berada di Universitas Hasanuddin.

UNHAS Fakultas Pertanian

Fakultas Pertanian yang ada semenjak 1962 ini pernah berbeda nama jadi Fakultas Ilmu-Ilmu Pertanian pada 1972. Pada 1986, beralih kembali jadi Fakultas Pertanian dan Kehutanan.

Selanjutnya, pada 2007, jurusan Kehutanan yang semenjak awalnya ada di bawah lindungan Fakultas Pertanian dan Kehutanan memisahkan diri jadi fakultas tersendiri bernama Fakultas Kehutanan.

Di saat itu, kata “kehutanan” ditiadakan dalam nama fakultas ini hingga jadi Fakultas Pertanian.

UNHAS Fakultas Kesehatan Masyarakat

Untuk lulusan program studi FKM di Unhas akan diberi gelar Sarjana Kesehatan Masyarakat (SKM) atau Bachelor of Public Health.

Sarjana fakultas ini harus mempunyai pengetahuan dan ketrampilan yang bagus mengenai management, jadi inovator, periset, pelajar, harus jadi pimpinan, dan pendidik yang handal.

UNHAS Fakultas Farmasi

Fakultas Farmasi adalah fakultas yang ada di Universitas Hasanuddin. Sebelumnya sebagai satu departemen, tetapi di tahun 2007 Fakultas Farmasi sah berdiri dengan sendiri sebagai fakultas mandiri.

Saat sebelum jadi fakultas sendiri, Fakultas Farmasi sebagai departemen di bawah lindungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IPA Unhas.

UNHAS Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan

Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan ini sebagai fakultas keduabelas yang dibuat di Unhas. Integratif jurusan Perikanan dan Ilmu Kelautan pada sebuah fakultas berdasar atas ketentuan yang sudah ada mengenai pengelompokan bidang ilmu sama sesuai Surat Putusan Menteri Depdikbud No. 0811/U/1994.

UNHAS Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin sebagai Fakultas Ekonomi paling tua di Indonesia yang dibangun pada 8 Oktober 1948 sebagai cabang dari Universitas Indonesia.

Karena ada beberapa permasalahan, Fakultas Ekonomi sempat dibekukan dan baru dibuka lagi sebagai cabang Fakultas Ekonomi Univer Indonesia. Di bawah pimpinan G. H. M. Riekerk, Fakultas Ekonomi betul-betul hidup sebagai cikal bakal Universitas Hasanuddin.

UNHAS Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

FMIPA Unhas sudah berperan mengadakan pendidikan tinggi selama hampir enam dasawarsa. Dengan kisah hidupnya itu, pasti kualitas fakultas ini tidak perlu disangsikan lagi.

Ditambah dengan bermacam inovasi dan pengembangan dalam mendidik beberapa mahasiswa. Satu diantaranya yakni dengan menambahkan jurusan yang kerap disukai oleh peserta didik sekarang ini, yakni Sistem Informasi dan Aktuaria.

UNHAS Fakultas Keperawatan

Fakultas Keperawatan Unhas dibuat di tahun 2017 lewat Keputusan Rektor Universitas Hasanuddin Nomor 26150/UN4.1/KL.06/2017.

Walau umurnya termasuk muda dibanding fakultas lain, kualitas pengajaran dari fakultas yang dulu ada di bawah lindungan FK Unhas ini tidak perlu kamu ragukan kembali.

Jurusan Keperawatan, baik tingkatan Sarjana atau Magister sudah memperoleh legalisasi A oleh BAN-PT.

UNHAS Sekolah Pascasarjana

Untuk kamu yang ingin meneruskan study ke tingkatan yang semakin tinggi, Universitas Hasanuddin sediakan sekolah Pascasarjana dengan beragam jurusan keren di bagian saintek, soshum, kesehatan, dan ilmu pertanian.

Kamu dapat pilih lebih dari 60 jurusan yang ada di tingkatan Magister dan 24 jurusan pada tingkatan Doktor.