universitas indonesia
UI

Profile Universitas Indonesia

Universitas Indonesia ataupun lebih dikenali dengan UI sebagai universitas terbaik Indonesia, komprehensif, terbuka, yang meliputi disiplin pengetahuan yang luas.

Univ utamanya berada di daerah utara Depok, Jawa Barat pas di perbatasan dengan Jakarta Selatan dan universitas yang lain berlokasi di wilayah Salemba, Jakarta Pusat.

Universitas Indonesia sudah hasilkan lebih kurang 40.000 alumni dengan kualitas unggul. Sama dengan predikatnya menjadi universitas penelitian.

UI terus berusaha untuk menggapai pencapaian paling tinggi dalam hal penemuan, peningkatan dan difusi pengetahuan secara regional serta global.

Sejarah UI

Sejarah UI dimulai dari Sekolah Pengetahuan Kesehatan serta Vaksin di tanggal 2 Januari 1849 menurut Surat Putusan Gubernur Hindia Belanda.

Saat itu, pemerintahan penjajahan Belanda membangun sebuah sekolah yang mempunyai tujuan untuk hasilkan asisten dokter tambahan. Siswa di sekolah itu memperoleh kursus kedokteran selama 2 tahun.

Lulusannya akan diberi sertifikat untuk lakukan perawatan-perawatan tingkat dasar dan memperoleh gelar Dokter Jawa (Javanese Doctor).

Bertitel begitu lantaran dokter ini cuman dikasih ijin untuk buka praktek di wilayah Hindia Belanda, khususnya di pulau Jawa.

Di tahun 1864, program pengajaran itu ditambahkan waktunya jadi 3 tahun, dan di tahun 1875 jadi tujuh tahun. Gelar yang diberi juga beralih menjadi Dokter Medis (Medical Doctor).

Di tahun 1898, pemerintahan penjajahan membangun sekolah baru untuk latih tenaga medis, yakni STOVIA (School tot Opleiding van Indische Artsen).

Pengajaran di STOVIA berjalan selama sembilan tahun: tiga tahun setingkat SMP, 3 tahun setingkat SMA, dan 3 tahun yang lain setingkat Diploma.

Banyak alumnus STOVIA yang selanjutnya mainkan peran penting dalam gerakan kemerdekaan Indonesia.

Di tahun 1927 mengganti status dan nama STOVIA jadi GHS (Geneeskundige Hogeschool). Gedung pengajaran dan kursus kedokteran yang dipakai GHS jadi gedung Fakultas Kedokteran UI sekarang ini.

Banyak alumni GHS yang selanjutnya berperanan besar dalam pendirian Universitas Indonesia.

Universitas Indonesia (UI) dengan resmi memulai aktivitasnya pada 2 Februari 1950 dengan presiden (saat ini yang disebut rektor) pertama kalinya Ir. R.M. Pandji Soerachman Tjokroadisoerio.

Universitas Indonesia mempunyai 9 fakultas serta 3 instansi yang menyebar di lima kota

Jakarta; Fakulteit Kedokteran, Fakulteit Pengetahuan Hukum dan Ilmu Pengetahuan Warga, dan Fakulteit Sastra dan Filsafat.

Bandung; Fakulteit Pengetahuan Alam dan Pengetahuan Pasti, Fakulteit Ilmu Pengetahuan Tehnik, dan Instansi Pendidikan Guru Menggambar.

Bogor; Fakulteit Pertanian dan Fakulteit Kedokteran Hewan.

Makassar; Fakulteit Ekonomi.

Surabaya; Fakulteit Kedokteran dan Instansi Kedokteran Gigi.

Di tahun 1955, Undang-Undang No. 10 mengenai perubahan kata universiteit, universitet, dan universitit disyahkan, hingga sejak itu, Universiteit Indonesia dengan cara resmi diganti namanya jadi Universitas Indonesia.

Perlahan-lahan fakultas-fakultas yang ada di wilayah memisahkan diri membuat instansi pengajaran yang berdiri dengan sendiri.

Di tanggal 2 Maret 1959 Fakultas Tehnik dan Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam di Bandung pisahkan diri jadi Institut Tehnologi Bandung.

Seterusnya di 1 September 1963 Fakultas Pertanian serta Fakultas Kedokteran Hewan UI pisahkan diri juga jadi Institut Pertanian Bogor (IPB), fakultas di Surabaya jadi Universitas Airlangga, dan di Makassar jadi Universitas Hasanuddin.

Pada 1964 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengajaran jadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Jakarta dan sekarang beralih lagi menjadi Universitas Negeri Jakarta.

Saat Orde Baru diawali di tahun 1966, pemerintahan menunjuk beberapa guru besar UI untuk menempati posisi menteri dengan tujuan untuk mengembalikan kembali kondisi ekonomi nasional.

Mulai sejak itu, UI secara konsisten sudah berikan kontributor real pada beberapa usaha pemerintahan untuk raih kemakmuran nasional.

Dalam sepuluh tahun akhir, dinamika perubahan intern dan external yang melingkupi UI begitu terasa dampaknya pada pasang surut keadaan UI.

Salah satunya yaitu, ditetapkannya pemerintahan UU no 12 / 2012 perihal Pendidikan Tinggi yang selanjutnya jadi naungan untuk status hukum UI.

Baca juga : Universitas Gadjah Mada

Baca juga : Universitas Brawijaya

Daftar fakultas dan program yang ada di UI

Moto : Kebenaran, Kejujuran, Keadilan
UI Fakultas Kedokteran

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) ialah fakultas kedokteran paling tua dan salah satunya fakultas kedokteran terbaik di Indonesia.

UI Fakultas Kedokteran Gigi

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia bertanggung jawab besar menjadi lembaga kedokteran gigi terpenting di Indonesia dan berwawasan global.

UI Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Riwayat pendirian FMIPA UI tidak lepas dari sejarah besar awal mula pendirian Universitas Indonesia.

FMIPA UI di awal pendirian Universitas Indonesia dikenal bernama Fakultas Ilmu Pasti serta Ilmu Alam (FIPIA), yang berkedudukan di Bandung.

UI Fakultas Teknik

Departemen Tehnik Sipil mengadakan perkuliahan untuk program pengajaran S1 Reguler dengan 2 program study: Teknik Sipil dan Teknik Lingkungan.

UI Fakultas Hukum

Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) cuman mempunyai 1 (satu) program study yakni Program Study Ilmu Hukum yang hasilkan Sarjana Hukum (S.H).

UI Fakultas Ekonomi

FEB UI ialah universitas yang kekinian, aktif, dan bersahabat sebagai tempat menempa pengetahuan untuk calon-calon pimpinan bangsa.

UI Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya

Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Univ Indonesia (FIB UI) sebelumnya bernama Fakultas Sastra Univ Indonesia.

UI Fakultas Psikologi

Lahirnya Pendidikan Psikologi di Indonesia dimulai oleh pidato ilmiah Prof. Dr. Slamet Iman Santoso dalam pengukuhannya selaku Guru Besar Univ Indonesia.

UI Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Fakultas Pengetahuan Sosial dan Ilmu Politik Univ Indonesia (FISIP UI) yang dibangun sejak mulai 1968, sebagai salah satunya fakultas dalam jumlah program study dan mahasiswa paling banyak di Univ Indonesia.

UI Fakultas Kesehatan Masyarakat

Terciptanya Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia sebagai prakasa Doktor Mochtar, Kepala Departemen Kesehatan Masyarakat dan Komunitas Kedokteran FKUI.

UI Fakultas Ilmu Komputer

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) ialah daerah yang melawan beberapa orang dengan rasa ingin tahu yang tinggi dan semangat untuk berimajinasi dan berkreasi di bagian ilmu komputer dan sistem info.

UI Fakultas Ilmu Keperawatan

Lahirnya Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIKUI) dengan diawali dibukanya Program Study Ilmu Keperawatan (PSIK) yang ditubuhkan pada Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia di tahun 1985.

UI Fakultas Farmasi

Farmasi ialah bagian yang berkreasi lewat kepenguasaan seni dan pengetahuan membuat obat berbahan alam atau sintetik yang pas dan nyaman untuk dialokasikan dan dipakai dalam penangkalan dan penyembuhan penyakit.

UI Program Pascarjana

Universitas sebagai Perguruan Tinggi favorite di Indonesia banyak memancing minat lulusan SMA.

UI Program Vokasi

Proses penerimaan mahasiswa baru program Pendidikan Vokasi dilaksanakan lewat lajur PPKB dan SIMAK UI.