universitas sebelas maret
Universitas Sebelas Maret UNS

Profile Universitas Sebelas Maret

Universitas Sebelas Maret yang dikenali sebagai UNS merupakan sebuah perguruan tinggi negeri di Indonesia yang ada di Kentingan, Jebres, Kota Surakarta.

Universitas terbaik Indonesia universitas Sebelas Maret sediakan beragam program pendidikan dimulai dari tingkatan vokasi, sarjana, magister, dan doktoral.

Sampai sekarang, ada sebelas fakultas dan dua sekolah yang ada dalam lingkungan Universitas Sebelas Maret.

Sejarah UNS

Di tanggal 11 Maret 1976, dengan dibacanya Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia mengenai pembukaan Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret.

Karena itu universitas ini sah berdiri sebagai perguruan tinggi negeri di Surakarta. Asal mula pendirian UNS bisa dirunut jejaknya semenjak 1950-an.

Pada periode itu, membuat Surakarta memiliki niat dan hasrat untuk ingin membangun sebuah universitas negeri sendiri.

Dimana mengingat kota yang lainnya sudah memiliki universitas yang umurnya bahkan juga sudah mencapai beberapa puluhan tahun.

Namun, dikarenakan terjadinya perang atas penyatuan pemerntah, kekeruhan arus politik dan ekonomi rakhyat hancur. Sehingga gagasan pembagunan universitas negeri di Surakarta tidak bisa direalisasikan.

Pada 1953, sesudah semua kerusuhan berakhir, muncul hasrat mewujudkan universitas itu kembali.

Perihal ini mengingat Surakarta sebagai pusat kebudayaan Jawa asli, dan ada potensi yang besar di lapangan perguruan, baik tenaga pengajar dan pelajarnya.

Panitia pendirian universitas juga dibentuk, dengan ketua Mohammad Saleh, Wali Kota Surakarta waktu itu. Namun, usaha ini tidak berhasil saat sebelum sempat dimulai.

Pemicunya ialah tidak ada sumber keuangan baik dari pemda dan pusat, munculnya hasrat sementara golongan untuk membangun universitas swasta secara masing-masing, dan kurang mendapatkan simpati sebagian orang dari Universitas Gajah Mada.

Adanya kendala serta pembangunan yang dilaksanakan di Kota Surakarta membuat ide pendirian itu pun musnah.

Hal tersebut ditambahkan juga dengan keributan politik antarpartai yang berebutan kekuasaan di pemerintah.

Universitas Kota Praja Surakarta (UKPS)

10 tahun selanjutnya, di tahun 1963, dibangun Universitas Kota Praja Surakarta (UKPS). Universitas ini diinisiasi oleh pemda saat itu, yang dipegang oleh Utomo Ramelan.

Pada era ini juga, Partai Komunis tengah tumbuh secara baik. Beragam baris kehidupan dipengaruhi situasi itu.

Begitu halnya UPKS, ilmu mengenai sosialisme berkembang di dunia pendidikan universitas. Usia universitas ini tidak lama.

Saat kejadian G30S pecah di Indonesia, universitas ini juga pada akhirnya terpendam, karena segala hal yang bau sosialisme/komunisme selanjutnya dilarang.

Ide pendirian universitas ada kembali pada 11 Januari 1968, saat R. Kusnandar jadi Wali Kota Kepala Wilayah Kota Madya Surakarta.

Dia juga membuat panitia pendirian universitas. Cuman, seperti panitia yang terbentuk sebelumnya, panitia ini juga tidak berhasil.

Saat ini, UNS sebagai universitas muda dengan perkembangan yang berarti.

Dengan beragam kekuatan yang ada, contoh seperti dokter bedah kulit dengan rekam jejak nasional (Fakultas Kedokteran), penemuan starbio dan padi tahan garam (Fakultas Pertanian), dan beberapa perkembangan yang terjadi setiap fakultas dan unit-unit kerja yang lain.

Pada peringatan Dies Natalis ke-37 tahun 2013, UNS sudah memberikan dukungan pergerakan global yakni apa yang diberi nama dengan Go Green Momentum.

Untuk memperlihatkan tekad itu, ditargetkan Pergerakan UNS Green Campus oleh Menteri Lingkungan Hidup, Balthasar Kambuaya, pada 6 Maret 2013, dengan penanaman pohon secara simbolik di halaman muka universitas UNS.

Gagasannya, UNS akan dijadikan pilot proyek untuk program penghijauan universitas ini.

Baca juga : Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Baca juga : Universitas Telkom

Daftar fakultas dan program serta sekolah yang ada di UNS

universitas sebelas maret
Universitas Sebelas Maret UNS
UNS Fakultas Hukum

Di awal berdirinya, Fakultas Hukum UNS mempunyai tiga jalur, yaitu Hukum Keperdataan, Hukum Pidana, dan Hukum Tata Negara. Sekarang ini, Fakultas Hukum cuman mempunyai satu jalur, yaitu Ilmu Hukum.

Fakultas Hukum mempunyai tujuh bagian, yakni Hukum Keperdataan, Hukum dan Masyarakat, Hukum Acara, Hukum Administrasi Negara, Hukum Tata Negara, Hukum Pidana dan Hukum Internasional.

UNS Fakultas Teknik

Program Angkring sebagai program yang diciptakan oleh mahasiswa Rencana Wilayah dan Kota (PWK) bekerjasama dengan mahasiswa Informatika UNS.

Selain program Angkring, prestasi yang lain dari FT UNS yakni diperolehnya gelar “Indonesian Authors Best Paper of International Conference of Informatics, Technology, and Engineering (InCITE)” oleh dua dosen FT UNS (Wakhid A Jauhari dan Pringgo W Laksono).

UNS Fakultas Ilmu Budaya

Awalannya, Pengetahuan Bahasa jadi satu bagian dari Fakultas Sastra dan Seni Rupa (FSSR).

Namun, semenjak tahun 2014, Fakultas Sastra dan Seni Rupa UNS diganti dan disamakan berdasar ranah keilmuan masing-masing menjadi Fakultas Ilmu Budaya (FIB) dan Fakultas Seni Rupa dan Design (FSRD) UNS.

Perubahaan itu memberikan ruangan ke FIB UNS untuk jadi organisasi yang sehat hingga menjamin terselenggaranya layanan yang bagus, efisien, memegang konsep relevansi, akuntabilitas, serta transparan intern.

UNS Fakultas Kedokteran

Sama seperti yang di lansir dari situs Quipper Campus, jika Fakultas Kedokteran UNS bukan hanya berisi jurusan Kedokteran.

FK UNS sedikit berbeda dari FK yang lain karena fakultas ini bukan hanya berisi Jurusan Kedokteran saja, tapi juga jalur yang lain seperti Psikologi.

Disamping itu, keunggulan lain dari fakultas ini adalah kerja-sama yang sudah dijalin lebih dari 20 universitas dan instansi pendidikan luar negeri.

UNS Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Mengetahui ketatnya persaingan di dunia kerja, FEB UNS sediakan pendidikan yang bukan hanya fokus pada kemampuan akademis, tapi juga kemampuan untuk berkompetisi di dunia kerja.

Selama waktu belajar, akan diberi beragam pelatihan seperti Achievement Motivation Pelatihan di awal perkuliahan sampai Pre-Job Pelatihan di akhir semester yang diadakan oleh ICD (Internship and Career Development).

ICD bekerja sama dengan beragam perusahaan dalam hal penerimaan tenaga kerja dan agenda job fair.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS sebagai fakultas paling besar di UNS dengan program study sarjana capai 24 jurusan.

Semua jurusan menyebar di empat universitas UNS. Sebaran paling jauh ialah PGSD yang ada di Universitas Kebumen dan Solo.

UNS Fakultas Seni Rupa dan Desain

Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) UNS sebagai perpecahan dari Fakultas Sastra dan Seni Rupa (FSSR) UNS. FSRD tergolong fakultas yang banyak memiliki event.

Salah satunya event yang diadakan ialah International Exhibitions and Seminar: Nature, Culture, and Art, yang menyoroti rumor eco desain di tahun 2017 lalu.

UNS Fakultas Pertanian

Fakultas Pertanian (FP) sebagai fakultas yang berada paling depan dari gerbang khusus UNS. Selain terletak yang paling depan, FP UNS mempunyai danau yang asyik jadi tempat mengerjakan tugas.

Tidak cuman fasilitas jurusannya yang nyaman, fakultas ini memprioritaskan kualitas pembelajarannya.

Ini bisa dibuktikan karena ada jurusan Pengelolaan Hutan, yang mana program study ini dibangun pertama dan salah satu di Propinsi Jawa tengah.

UNS Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Berdasar laporan dari Quipper Campus, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNS merupakan fakultas yang masih terbilang muda di UNS.

Saat sebelum FMIPA sah dibangun, kelompok tenaga pendidik pengetahuan dasar di UNS yang disokong oleh pimpinan universitas sudah lumayan lama melaksanakan hubungan kerja-sama, satu diantaranya dengan International Development Program (IDP) Australia.

Walau usia FMIPA masih termasuk muda, FMIPA telah sukses memenangi beragam hibah penelitian.

UNS Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

Sebelumnya, mekanisme penyelenggaraan pendidikan di FISP UNS ialah Mekanisme Kenaikan Tingkat (lima tahun).

Mekanisme ini membagikan 1 tahun akademis jadi 2 semester dan pada tiap akhir semester yang ke-2 (tahun akhir akademis), mahasiswa dievaluasi untuk tentukan apa mahasiswa berhasil naik ke tingkat selanjutnya atau harus mengulangi kembali.

Tetapi, sekarang ini FISP UNS mengaplikasikan Sistem Kredit Semester (SKS) dalam penyelenggaraan pendidikannya.

UNS Fakultas Keolahragaan

Berdirinya Fakultas Keolahragaan jadi sebuah proses penyesuaian UNS dalam menerima rintangan di depan tentang peningkatan eksistensi dan daya saing lewat keunggulan keolahragaan, baik pada lingkup olahraga pendidikan, olahraga prestasi, atau olahraga wisata berbasiskan pada pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Keolahragaan.

UNS Program Pascasarjana

Awalnya berdiri Program Pascasarjana (PPs) UNS diawali dari pembukaan Program Kegiatan Penghimpunan Kredit (KPK) Program Study Pendidikan Sejarah yang menginduk pada IKIP Negeri Jakarta tahun 1986.

Di akhir tahun 1997, dibuka Program Study Linguistik dan Program Study Ilmu Lingkungan. Pembukaan dua program study itu memulai berdirinya PPs UNS pada tahun 1998.

Sekarang ini, program pascasarjana UNS sudah mempunyai 25 Program Magister dan 10 Program Doktor.

UNS Sekolah Vokasi

Untuk kamu yang ingin meneruskan pendidikan tinggi di tingkat Diploma atau Sarjana Terapan, UNS sediakan sekolah Vokasi yang mengadakan tingkatan pendidikan itu.

Sedikit info, kantor management Sekolah Vokasi UNS berada di Universitas Tirtomoyo, Surakarta.

Dan perkuliahan program study ini diadakan di dua lokasi, yakni di universitas Tirtomoyo dan universitas Kentingan, Surakarta.

Disamping itu, Sekolah Vokasi UNS mengelola tiga program study Di Luar Universitas Utama (PSDKU) di Kabupaten Madiun.