universitas sriwijaya
UNSRI

Profile Universitas Sriwijaya

Universitas Sriwijaya (disingkat UNSRI) adalah sebuah Perguruan Tinggi Negeri di Sumatra Selatan, Indonesia.

Universitas Terbaik Indonesia Sriwijaya memiliki sepuluh fakultas dengan dua buah kampus yaitu di Bukit Besar, Kota Palembang dan di Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir.

Pada tahun 2021, Unsri mendapatkan akreditasi Unggul yang diberikan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Sejarah UNSRI

Setelah Yayasan Pembina Perguruan Tinggi Lampung (YPPTL) dibentuk, maka didirikanlah Fakultas Ekonomi, Hukum, dan Sosial (FEHS). YPPTL ditugasi membina FEHS tersebut dan mengupayakan status negeri.

Jalan yang ditempuh adalah dengan bekerjasama dengan Universitas Sriwijaya (Unsri) di Palembang.

Berdasarkan keputusan Presiden Unsri Nomor D-40-7-1961, tanggal 14 Februari 1961, terhitung sejak 1 Februari 1961, FEHS Lampung ditetapkan sebagai Fakultas Ekonomi Cabang Unsri dan Fakultas Hukum Cabang Unsri berkedudukan di Telukbetung, Lampung.

Pada tanggal 23 September 1965, keluar Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) Nomor 195 tahun 1965, yang meresmikan berdirinya Universitas Lampung sebagai universitas negeri di Lampung.

Keputusan PTIP tersebut dikukuhkan dengan Keputusan Presiden RI No. 73 tahun 1966. Sehingga dapat dikatakan bahwa FEB dan FH merupakan fakultas tertua yang lahir bersamaan.

Baca juga : Universitas Indonesia

Baca juga : IPB University

Daftar fakultas dan program yang ada di UNSRI

universitas sriwijaya
Universitas Sriwijaya UNSRI
UNSRI Fakultas Kedokteran

Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya sebagai salah satunya fakultas favorite calon mahasiswa.

Salah satunya penyebab adalah kurikulum yang selalu mengikut perubahan ilmu dan pengetahuan serta teknologi kedokteran.

Mahasiswa diarahkan agar bisa ikuti dan kuasai ilmu dan pengetahuan serta teknologi kedokteran dan perkembangannya.

UNSRI Fakultas Pertanian

Fakultas Pertanian berdiri dengan pemikiran Sumatera Selatan yang memiliki teritori pertanian lumayan luas.

Tanggal 20 September 1963, fakultas ini berdiri berdasar Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Pengetahuan Pengetahuan (PTIP).

Keinginannya bisa hasilkan sumber daya manusia yang sanggup menolong menangani beragam permasalahan pada bidang pertanian.

UNSRI Fakultas Ilmu Komputer

Kemauan untuk membangun program pengajaran di bagian teknologi informasi dan komunikasi di Universitas Sriwijaya sudah ada semenjak tahun 1985, di mana pada waktu itu Universitas Sriwijaya sudah mulai mengadakan program pengajaran dan training professional bidang komputer di Pusat Komputer Universitas Sriwijaya.

Pembangunan fakultas ini lewat proses yang panjang sampai pada akhirnya tanggal 22 Februari 2006 Fakultas Pengetahuan Komputer sah berdiri.

UNSRI Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Sejarah berdirinya fakultas ini diawali dengan dibangunnya pelatihan B-1 Bahasa Inggris Negeri Palembang di tanggal 1 Oktober 1958.

Diawali dengan 3 jurusan, saat ini fakultas ini memiliki 16 jurusan yang terdiri jadi empat tingkatan pendidikan, yakni Sarjana, Magister, Doktor, dan Profesi.

UNSRI Fakultas Ekonomi

Pada tanggal 31 Oktober 1953, telah didirikan Fakultas Ekonomi UNSRI dibawah naungan Yayasan Perguruan Tinggi Syakhyakirti dengan status Swasta.

Mendekati penetapan Universitas Sriwijaya di tanggal 17 September 1960, fakultas ini diberikan oleh faksi yayasan ke Universitas Sriwijaya dan semua mahasiswa, dosen, dan karyawan administrasinya, yang selanjutnya sebagai cikal bakal Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya.

UNSRI Fakultas Kesehatan Masyarakat

Saat sebelum jadi fakultas, Kesehatan Masyarakat merupakan program study di bawah Fakultas Kedokteran. Sekarang, FKM Unsri sediakan tiga jalur pada tingkatan Sarjana.

Salah satunya keunggulan fakultas ini ialah jadi salah satu fakultas di PTN yang mengurus pemenuhan akan SDM kesehatan masyarakat di daerah Sumatera bagian selatan.

UNSRI Fakultas Teknik

Salah satunya persyaratan dasar yang perlu dipenuhi agar bisa berdirinya universitas negeri yaitu tersedianya satu fakultas eksakta.

Karena itu di bulan November 1959 pengurus Yayasan Perguruan Tinggi Syakhyakirti bekerja bersama dengan pengurus Persatuan Insinyur Indonesia (PII) membuat suatu panitia yang dipimpin oleh Ir. Indratjaja untuk merintis berdirinya fakultas teknik.

UNSRI Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

Keperluan untuk membangun Fakultas Pengetahuan Sosial dan Politik (FISIP) di lingkungan Universitas Sriwijaya sudah ada semenjak akhir 1970-an.

Karena itu, di tahun 1980 dilaksanakan study banding ke beragam universitas yang memiliki FISIP di Sumatera dan Jawa.

Disamping itu dilaksanakan juga diskusi dengan beberapa tokoh Pengetahuan Sosial Indonesia, Sekretaris Konsorsium Beberapa ilmu Sosial di Jakarta.

Sampai pada akhirnya di tanggal 9 Maret 2000, FISIP Universitas Sriwijaya berdiri sesuai SK No. 033/O/2000.

UNSRI Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Saat sebelum jadi fakultas, Matematika dan Pengetahuan Pengetahuan Alam (MIPA) sebagai program study di Fakultas Teknik. Di tanggal 22 Oktober 1993, PS-MIPA beralih menjadi fakultas.

Saat ini, fakultas yang mengangkat misi jadikan Fakultas MIPA sebagai fakultas terpenting berbasiskan penelitian yang unggul dalam sains dan teknologi di tahun 2025 ini sudah mempunyai enam jurusan.

UNSRI Fakutas Hukum

Fakultas Hukum dibangun di tanggal 31 Oktober 1957 di bawah lindungan Yayasan Perguruan Sjakhyakirti dan dengan status swasta.

Di tanggal 17 September 1960 oleh Yayasan Perguruan Sjakhyakirti, Fakultas Hukum ini diberikan ke Universitas Sriwijaya.

Sekarang, jurusan Pengetahuan Hukum Unsri sediakan lima (5) Program Kekhususan (PK) yakni Study Hukum dan Sistem Peradilan, Study Hukum dan Bisnis, Study Hukum dan Ke-Islaman, Study Hukum dan Kenegaraan dan Study Hukum dan Masalah-Masalah Transasional.

UNSRI Program Pascasarjana

Program Pascasarjana Unsri sediakan tiga tingkatan pendidikan, yakni program Magister, Magister (Double Degree), dan Doktor.

Bagusnya lagi, pada program Magister (Double Degree), PPs Unsri bekerja bersama dengan 2 universitas di luar negeri, yakni Unesco-IHE, Delft, Belanda dan Graduate School of Mie University (MU), Japan.